Jumat, 09 Mei 2014

Tentang SMPN 24


  Sejarah SMPN 24 Bandung



Sejarah SMPN 24 Bandung tidak terlepas dari sejarah SKPPN III yang beralamat di Jl. Cibadak No. 202 Bandung dan didirikan pada tanggal 27 Februari 1979. Pada bulan Februari 1984, SMPN 24 Bandung pindah lokasi ke Jl. Sukamulya No. 33 Bbk. Ciparay. Pada tanggal 27 Februari 2011, Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Bandung berusia 32 tahun. 
Jika mengikuti jalan hidup SMPN 24 Bandung ini terutama sejak terdaftar di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, maka sudah sepantasnya kini segenap aktivitas SMPN 24 Bandung mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempatan bagi SMPN 24 Bandung ini hingga mencapai tahap perkembangan, pengembangan dan kemajuan yang menggembirakan seperti sekarang ini. Terutama setelah SMPN 24 Bandung memperoleh nilai akreditasi A, maka SMPN 24 semakin menyadari eksistensi dan tanggung jawabnya untuk mendidik para warga negara/generasi penerus pembangunan bangsa Indonesia.
Sarana dan prasarana di SMPN 24 Bandung terutama ruang-ruang kelas; perpustakaan; laboratorium komputer; ruang guru; ruang tata usaha; masjid; dan lain-lain; selalu diusahakan dan dilakukan penambahan dan peningkatan terus menerus. 
Tidak semua peminat yang mendaftarkan diri di SMPN 24 Bandung ini bisa diterima. Seleksi ujian masuk bagi calon-calon siswa baru tetap dilaksanakan. Sampai dengan Tahun Pelajaran 2009/2011 jumlah alumni yang telah menyelesaikan studi di SMPN 24 Bandung berjumlah 71.000 orang lebih, jumlah yang cukup fantastis untuk sekolah yang baru berkembang. Jumlah calon siswa yang ingin melanjutkan studi di SMPN 24 Bandung selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan kalau SMPN 24 Bandung telah dipercaya oleh masyarakat sebagai lembaga yang layak untuk mendidik generasi penerus yang terampil dalam penguasaan ilmu-ilmu pendidikan.


     Profil SMPN 24 Bandung


Nama Sekolah : SMPN 24 Bandung
Alamat : Jl.Sukamulya no.33 Bbk Ciparay - Kelurahan Sukaasih Kecamatan Bojongloa Kaler - Kode Pos : 40233 Telpon : (022) 6015090 - Jawa Barat 
Status Sekolah : Negeri
Kelompok Sekolah  : Sekolah Menengah Pertama 
Nomor : 800/189-SMP.24/2012



     Visi, Misi dan Indikator


Visi 

• Menjadikan sekolah pilihan utama masyarakat yang unggul dalam prestasi akademik dan non akademik selaras dengan kemajuan IPTEK berlandaskan IMTAQ.  

Misi 

• Mewujudkan : 
1. Peningkatan kualitas sumber daya manusia pendidik dan kependidikan dalam menunjang KBM5 
2. Peningkatan etos kerja warga sekolah ( Kepala Sekolah, Guru, TU, Siswa) yang bertanggung jawab atau tugas pokok dan fungsinya 
3. Peningkatan prestasi akademis dan non akademis yang signifikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku 
4. Peningkatan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam proses KBM 
5. Peserta didik yang berprestasi dan berakhlak mulia 
6. Pelayanan pendidikan yang prima pada masyarakat 

Indikator 

• Terwujudnya : 
1. Warga sekolah yang mempunyai semangat berprestasi serta didukung oleh MBS yang handal 
2. Proses Pembelajaran yang efektif dan efisien 
3. Perolehan nilai akademis dan prestasi non akademis siswa yang meningkat dari tahun ke tahun 
4. Lulusan yang bersaing untuk dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi 
5. Lingkungan sekolah yang nyaman, asri dan kondusif 
6. Warga sekolah berperilaku sesuai dengan nilai-nilai religius 
7. Kepercayaan dan kepedulian masyarakat semakin meningkat 
8. Warga sekolah yang selalu inovatif


 Logo SMPN 24 Bandung




Secara keseluruhan, lambang dari SMPN 24 Bandung berbentuk segi lima dengan tulisan yang melingkari simbol obor api di tengah lambang tersebut. Logo SMP Negeri 24 Bandung dapat dilihat pada gambar di atas. Adapun arti dari lambang tersebut adalah sebagai berikut :
1. Simbol dari obor api melambangkan semangat yang tiada akhir untuk menuntut ilmu 
2. Simbol buku yang terbuka merupakan lambang dari sumber ilmu dalam menunjang pendidikan dan menuntut ilmu tiada batas di SMPN 24 Bandung 
3. Simbol kedua sayap melambangkan kebebasan menuntut ilmu yang dicari kemanapun ilmu pengetahuan berada meskipun terbang jauh.


 Sarana dan Prasarana


SMPN 24 Bandung memiliki sarana dan prasarana yang sangat mendukung jalannya proses pembelajaran. Bangunan sekolah ini memiliki dua lantai sehingga ruang-ruang kelasnya banyak dan  tertata dengan baik. Terdapat dua ruangan laboratorium komputer dan satu laboratorium IPA. Sekolah ini juga memiliki bangunan masjid yang cukup besar sehingga bisa menampung orang-orang yang akan beribadah. Prasarana yang ada disekolah ini cukup komplit untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Di luar ruangan ada halaman yang luas di tengah-tengah sekolah dan ada pula lapangan basket dan futsal. 


 Kegiatan Pembelajaran SMPN 24 Bandung


Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan setiap hari Senin sampai Jum'at dimulai dari jam 07.00 sampai 12.00. Pada hari sabtu, siswa dan siswi mengikuti ekstrakulikuler wajib dan minat bakat. Adapun ekskul yang wajib yakni, Pajapara; PKS; PMR; dan Pramuka; ekskul minat dan bakat yakni, Futsal, Basket, Paduan Suara, Karate, Seni Tari dan masih banyak lagi. Pada  akhir tahun ajaran, SMPN 24 Bandung selalu mengadakan acara perpisahan untuk kelas IX yang biasanya dimeriahkan oleh semua siswa dari seluruh kelas dan angkatan. Di dalam acara tersebut, siswa-siswi dapat menampilkan kreasi-kreasi seni mereka dan bekerja sama dengan ekskul.

4 komentar:

  1. Keren Om,tingkatkan \m/

    BalasHapus
  2. keren sekali, saya minta tolong kalau ada info lowongan ngajar di smpn 214 untuk bahasa sunda, karena sertifikasi saya di SD Muhammadiyah 5 tidak linier, thanks....saya alumni smpn 24 tahun 1980!

    BalasHapus
  3. lebih keren ya skrg,saya alumni th 87.pengen deh silaturahmi k sekolah.skrg saya tinggal d ciawi tasikmalaya

    BalasHapus
  4. saya ingin tanya no bu setia nur faridah yang ngajar di smpn 24 banndung

    BalasHapus